Tanda Birama


UKM MUSIK GAS-21 | 05.23 |

Tanda birama ditempatkan pada awal musik. berisi dua angka dimana angka yang satu diletakkan sebelum angka yang lainnya. pengertian tanda birama adalah tanda yang menunjukkan banyaknya nilai ketukan dalam satu birama.













Tanda birama digunakan untuk mengidentifikasi  baik jumlah ketukan dan nilai masing-masing ketukan. Terdiri dari dua angka, angka yang di atas menunjukkan jumlah ketukan pada setiap ruas birama. Angka yang di bawah merupakan satuan nilai not yang dijadikan patokan tempo.

Birama 4/4
Tanda Birama 4/4 adalah yang paling umum digunakan di hampir setiap genre musik. Ini berarti ada empat not seperempat dalam satu bar.
 







Birama 3/4
Tanda birama 3/4 berarti ada tiga not seperempat dalam satu bar. Tanda waktu 3 / 4 kadang-kadang disebut waktu waltz. Jika Anda menulis sepotong musik untuk terdengar seperti waltz, Anda benar-benar ingin menggunakan tanda birama 3 / 4 waktu.

Gambar not 1/4

Birama 2/2
Tanda birama 2/2 berarti terdapat 2 not 1/2 dalam satu birama atau dalam satu bar.

Gambar not 1/2






Birama 6/8
Tanda birama 6/8 berarti ada 6 not 1/8 dalam satu bar yang menjadi patokan tempo, Ini juga merupakan tanda waktu yang sangat sering digunakan.

Contoh gambar Birama 6/8

0 komentar:

Posting Komentar

 
UKM MUSIK GAS 21 IAIN SURAKARTA © 2013 Design by | Sponsored by UKM MUSIK GAS 21